Opini Tentang Konflik Individual


Konflik Individual

     
     
     Konflik kalau kita lihat dari pengertian sosiologis merupakan suatu proses sosial antara dua orang atau lebih atau bisa saja dalam bentuk kelompok yang mana diantara mereka saling berusaha bunuh membunuh dan menyingkirkan pihak yang bertentangan dengannya dan bahkan ingin menghancurkannya. Latar belakang terjadinya suatu konflik disebabkan karena adanya perbedaan, baik itu pola pikir suatu orang yang berbeda-beda, ciri-ciri yang berbeda, adat istiadat yang berbeda, dan bahkan karena keyakinan mereka yang berbeda juga dapat menimbulkan konflik. Dan konflik tersebut akan hilang seiring berjalannya waktu dan hilangnya orang yang membuat konflik tersebut, misalnya suatu golongan masyarakat konflik dengan golongan masyarakat lainnya maka konflik tersebut akan reda apabila suatu golongan masyarakat tersebut telah musnah atau meninggal.

           Konflik individual merupakan suatu proses konflik yang terjadi didalam kehidupan sehari-hari baik itu terjadi dalam diri individu maupun terjadi individu dengan individu yang lain. Konflik individual itu menurut saya terbagi atas dua bagi antara lain adalah Konflik dalam diri individu dan Konflik antar-Individu.

 Konflik dalam diri individu ini sering terjadi jika seseorang dalam hidupnya harus memilih sesuatu yang bertentangan dengan dirinya. Kalau dalam perkuliahan maka konflik di dalam diri individu tersebut disebabkan karena banyaknya tugas yang diberikan dari perkuliahan dan menjadi beban pikiran bagi mahasiswa yang bersangkutan konflik dalam diri mahasiswa itu karena tuntunan tugas yang diberikan melebihi batas kemampuan diri pribadi mahasiswa tersebut. Contoh lain bisa kita lihat dalam sebuah keluarga yang bertentangan pendapat antara suami dengan istri dan bahakan bertentangan pendapat dengan anaknya sendiri sehingga saling mementingkan diri mereka sendiri.

Konflik antar Individu sering terjadi karena disebabkan oleh perbedaan kepribadian antara individu yang satu dengan individu yang lain. Konflik antar individu ini merupakan suatu jenis konflik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari dimana  satu orang dengan orang yang liannya saling bermusuhan baik itu dikarenakan karena perbedaan pendapat, perbedaan latar belakang, perbedaan kepribadian, perbedaan pola pikir. Konflik ini juga bisa terjadi karena individu tersebut berbeda status, jabatan,  bidang kerja dan lain-lain. Jika kita lihat dalam suatu organisasi maka konflik antar individu ini merupakan sebuah dinamika yang sangat penting dalam membentuk perilaku dalam sebuah organisasi, dikarenakan konflik ini akan melibatkan beberapa anggota dalam organisasi tersebut dan akan mengakibatkan terpengaruhnya proses pencapaian suatu tujuan organisasi. Kalau konflik tersebut terjadi antara anggota dengan anggota dalam organisasi maka peran menejer untuk memberikan pengarahan dan mendamaikan akan anggota tersebut, tetapi jika konflik terjadi bahawahan atau anggota dengan atasan maka yang berakibat fatal kepada anggota itu sendiri karena bisa saja bawahan tersebut di keluarkan atau dipecat dari organisasi dan pekerjaannya.

Sebagai contoh dalam kehidupan sehari bisa kita ambil misalnya: suatu kelompok presentasi makalah perkuliahan, didalam satu kelompok terdapat dua latar belakang kepintaran yakni tercampur antara yang pintar, sedikit pintar, dan bahkan yang tidak peduli dengan mata kuliah sekalipun. Maka di saat anggota kelompoknya ingin membuat tugas kelompok dengan berdiskusi maka yang tidak peduli dengan mata kuliah tadi pasti dia tidak akan ikut serta didalamnya , sehingga anggota kelompok ini saling merasa marah dan bermasam muka dan bahkan sampai putus akan pertemanan dan tidak pernah bicara lagi.
Maka dampak dari contoh diatas adalah dapat menghambar kerjasama kelompok tersebut, dan bahkan bisa jadi saling menjatuhkan.

Jadi, konflik indivual merupakan suatu proses konflik yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari baik itu terjadi dalam diri individu tersebut maupun individu dengan individu yang lainnya. Konflik ini bisa kita katakan suatu hal yang wajar dalam setiap orang dan tidak satupun orang yang tidak mengalami konflik baik konflik itu terjadi antara anggota dengan anggota maupun anggota dengan atasannya dalam sebuah organisasi.


               





Labels: ESSAY, OPINI

Thanks for reading Opini Tentang Konflik Individual . Please share...!

0 Comment for "Opini Tentang Konflik Individual "

Back To Top